Dengan Tangan Dingin Teco, Mimpi Bali United Juara Shopee Liga 1 Hanya Tinggal Menunggu Waktu




Teco Memberi Intruksi kepada Timnya (Sumber: Detik.com)


Manajemen Bali United tak salah memilih Stefano Cugurra Teco sebagai pelatih. Berkat tangan dinginnya, Bali United saat ini menjadi kadidat kuat juara Shopee Liga 1. Musim kompetisi memang belum habis.  Masih menyisakan beberapa pertandingan lagi. Tapi penampilan Bali United sejauh ini cukup menyakinkan.


Hingga pekan ke 20, Tim berjuluk Serdadu Tridatu Jalak Bali ini masih menguasai puncak klasmen dengan jumlah poin 48. Selisih 10 poin dari rival mereka Madura United di peringkat kedua. Margin ini pun masih berpotensi semakin melebar. Pasalnya, Bali United masih menyisakan 2 pertandingan, jika dibandingkan Madura United yang telah memainkan 22 laga.

Maka ketika digelar Kontes Blog Shopee Liga 1, pikiran saya langsung terbayang pada Teco. Sentuhan tangan dingin Sang Pelatih ini benar-benar teruji. Lihatlah, Bali United kian perkasa di puncak klasmen. Bali United saat ini, tak ubahnya Liverpool di Premier League. Kedua tim ini berhasil memimpin klasmen, dengan selisih poin yang cukup jauh dari rivalnya. 



Teco bersama Skuad Bali United pada Kompetisi Shopee Liga 1 (Sumber: Tribun Bali)


Tampaknya, tuah Teco saat membawa Persija Jakarta juara musim lalu, akan berlanjut ke Bali United. Lihatlah nasib Persija setelah ditinggal Teco saat ini, terseok-seok di dasar klasmen. Gol Uropmabin pada masa injury time, saat Persija menjamu Semen Padang di Glora Bung Karno kemarin. Semakin membenamkan Persija di dasar klasmen. Kini, Macan Kemayoran justru menjadi penghuni zona degradasi. Ironis.

Nasib Persija tersebut, cukup menggambarkan betapa pentingnya peran Teco bagi sebuah tim. Lantas, apa istimewanya Teco sehingga setiap tim besutannya menjadi begitu perkasa?

Salah satu kehebatan Teco adalah, kemampuanya dalam meramu strategi. Ia mengerti betul komposisi pemain seperti apa yang tepat, untuk menghadapi tim lawan. Teco tak boleh ceroboh dalam menyusun line up, sekalipun ada begitu banyak bintang di klubnya.

Pelatih asal Brazil ini punya cara yang unik dalam meracik strategi. Sebelum bertanding, Teco akan mempelajari terlebih dahulu tim lawannya. Bahkan, ia rela menghabiskan waktunya dengan menonton ulang pertandingan tim lawan.

Kasta Sepak Bola Tertinggi di Indonesia, Shopee Liga 1 

Contohnya, saat Bali United akan menghadapi Madura United di Pemakasan pada pekan ke 15. Saat itu Bali United  baru saja usai melakoni laga tandang dengan Tira Persikabo di Bogor. Tico paham, lawan selanjutnya Madura United yang merupakan pesaing berat mereka dalam merebut juara.

Untuk itulah, Bali United tidak tergesa-gesa pulang. Mereka sengaja bertahan di Bogor untuk pemusatan latihan. Selama di Bogor, Teco terus menyaksikan video pertandingan dari Madura United. Ia mempelajari gaya permainan Tim berjuluk Laskar Sape Kerap ini.

"Saya belum menghitung berapa lama saya menyaksikan video, tapi pasti saya punya waktu seperti sekarang, kita main sudah dua hari lalu, saya punya waktu di hotel untuk lihat beberapa video pertandingan Madura United," ungkap Teco seperti dilansir Indosport.

Alhasil, saat Bali United bertandang ke Stadion Ratu Pamelingan, Pamekasan. Mereka berhasil merebut poin penuh. Umpan silang Paulo Sergio pada menit ke 75, berhasil dikonversikan menjadi gol melalui kaki Ilija Spasojevic. Satu gol tersebut sudah cukup membungkam Madura United di kandangnya.

Aksi Teco di tepi lapangan (Sumber: Radar Malang)

Tradisi Teco menyaksikan pertandingan lawan sebelum bertanding, adalah bukti bahwa Pelatih kelahiran Rio de Jeneiro, Brazil ini benar-benar serius menghadapi setiap lawannya. Ia sangat cermat. Teco tidak ingin melakukan keselahan sekecil apapun, apalagi menganggap remeh lawan-lawannya.

 "Saya lihat beberapa video lawan agar lebih siap. Waktu saya punya latihan taktik, saya bisa kasih tahu pemain tentang kekurangan atau kelebihan dari lawan. Ini perlu saya lakukan untuk bantu pemain," tutur Teco.

Selain kelihaiannya meracik strategi, Teco juga piawai mengoptimalkan potensi timnya. Beberapa pemain bintang Bali United tampil memukau berkat sentuhan tangan dingin pelatih ini. Kombinasi Fadil Sausu, Brwa Hekmat Nouri dan Paulo Sergio di lini tengah, menjadi sangat vital dalam menjaga keseimbangan Bali United.

Di pekan pertama Shopee Liga 1, Bali United berhasil meraih kemenangan beruntun di laga tandang mereka. Yaitu saat menghadapi Persebaya dan Bhayangkara FC. Keberhasilan ini tidak lepas dari solidnya lini tengah dari pemain tersebut.

 Belum lagi penampilan apik dari  Stefano Lilipaly dan Spaso, yang selalu menjadi ancaman di arena pertahanan lawan.  Dari 31 gol yang telah dikemas Bali United, 13 di antaranya adalah hasil kreasi dari dua pemain bintang ini.

Stefano Lilipaly menggiring bola pada kompetisi Shopee Liga 1 (Sumber: Tempo)

Wawan Hendrawan juga tampil perkasa di bawah mistar. Berkat penampilan hebatnya, pemain asal Brebes Jawa Tengah ini pun dipercaya Simon Mcmenemy untuk memperkuat Timnas. Pemain yang dikenal dengan sebutan Spider Wan ini, dinilai sangat berkontribusi atas konsistennya penampilan Bali United selama ini.

Untuk itulah, Bali United harus memanfaatkan dengan baik momentum ini. Kecerdasan Teco dalam menangangi Serdadu Tridatu, telah berhasil mengangkat kepercayaan diri Fadil Sausu dkk. Hasilnya, hingga pekan 20 ini sudah 15 kemenangan yang berhasil dibukukan Bali United.

Luapan Kegembiraan Spaso usai mencetak gol (Sumber: Tribun Bali)

Jika trend positif Bali United ini terus berlanjut. Maka bukan tidak mungkin, Juara Shopee Liga 1 segera berlabuh ke Pulau Dewata. Secara statistik, andai Bali United terus tampil konsisten. Maka Tim ini bisa segera mengunci gelar juaranya pada ke 30 atau delapan pekan lagi.

Meskipun demikian, Teco tak mau terlalu jumawa. Ia sadar, segalanya bisa saja terjadi. Untuk itulah ia mengingatkan timnya untuk tetap fokus dan konsisten pada sisa pertandingan berikutnya.

“Masih banyak pertandingan yang harus kami jalankan, kami bisa ataupun kehilangan poin. Untuk itu saya pikir semua harus tetap bisa konsentrasi seperti putaran pertama," ungkap Teco.

Begitulah Teco, sekalipun sudah di atas angin. Ia tidak ingin terjebak dengan semua pencapaian itu. Teco mengerti betul bagaimana menjaga mentalitas pemainnya.

Maka sebagai penikmat Shopee Liga 1, kita pun harus bersabar. Kita tunggu saja, sebab berkat tangan dingin Teco. Mimpi Bali United untuk menjuarai Shopee Liga 1, yang merupakan kasta sepak bola tertinggi di Indonesia, hanyalah tinggal menunggu waktu saja.


Tulisan ini diikutsertakan pada Kontes Blog Shopee Liga 1 



Posting Komentar

0 Komentar