Eight Below: Saat Siberian Huskey Menampar Nurani Kita

02:26:00

"Kau Harus Mengambil Risiko, Untuk Sesuatu yang Kau Pedulikan" 
(Eight Below)


Film: Eight Below
Director: Frank Marshal
Stars: Paul Walker, Jason Biggs, Bruce Greenwood
Duration: 2 Hours

Seperti film anjing  yang cukup fenomenal yaitu Hachiko. Film Eight Below juga diangkat dari sebuah kisah nyata. Meskipun tak sedramatis Hachiko namun cerita keberanian dan kesetiaan anjing ini juga telah menginspirasi banyak orang. Hal ini pulalah mendorong Walt Disney untuk mengabadikannya dalam sebuah film pada tahun 2006.

Cerita bermula saat Jerry Shepard yang diperankan mendiang Paul Walker, memiliki pekerjaan yang unik, yaitu menemani setiap ilmuan yang datang di pusat penelitian sains Antartika. Untuk pekerjaannya ini Jerry tak sendiri,  tapi bersama temannya yaitu Kettie, Coop dan 8 ekor anjing yang bernama Old Jack, Buck, Shorty, Dewey, Shadow,  Max, Truman dan sang pemimpin kelompok, Maya.

Hari itu, Jerry mendapatkan tugas untuk menemani seorang ilmuan Dr. Mc Laren untuk  mencari metroit jatuh ke bumi. Letaknya cukup jauh yaitu di Gunung Melbourne. Dalam misinya ini, Dr. Mc Laren mengalami cidera yang cukup parah. Kakinya patah setelah terjatuh dari atas es. Ia hampir saja mati jika tidak ditolong oleh Maya, seekor anjing yang telah terlatih.

Jerry pun bergegas membawa ilmuan ini ke pusat penelitian mereka. Bersama anjing-anjingngnya, Jerry berjuang untuk menembus badai salju yang kian besar. Mereka akhirnya sampai di kamp, namun cidera yang dialami Dr. Mc Laren cukup serius sehingga ia harus dibawa pergi dari Antartika. Begitu pula Jerry yang mengalami hiportemia akut.

Akhirnya, dengan berat hati Jerry pergi meninggalkan pusat penelitiannya dengan pesawat. Sebelum pergi, ia mengikat anjingnya agar tidak lari. Kepada anjingnya, Jerry pun berjanji hanya pergi beberapa waktu saja. Namun, badai salju semakin besar. Sehingga markas besar tempat Jerry bekerja membatalkan keberangkatan semua tim sampai musim dingin berakhir.

Kepetusan tersebut membuat Jerry gelisah. Hari-harinya terbebani karena terus teringat nasib anjingnya. Hubungan Jerry dengan anggota timnya tersebut memang cukup erat. Maka Jerry pun mencari segala cara untuk pergi Antartika. Mulai dari membujuk bosannya, menawarkan stasiun tv untuk pembuatan film dokumenter di Antartika, sampai mengumpulkan dana semampunya. Malang, tak ada satu pun pihak yang bersedia.


Selama penantian kedatangan Jerry, para anjing jenis Siberian Huskey ini terus berjuang untuk bertahan hidup. Mereka saling bekerja sama saat mencari makanan. Bahkan para anjing ini rela berbagi makanan pada temannya yang sakit. Meskipun hanya sekumpulan hewan, namun kesetiaan dan keberanian para hewan ini, menjadi cerita yang cukup mengusik sisi emosional kita sebagai manusia.

Saya menonton film  Eight Below ini setelah memilihnya secara acak di dalam hardisk. Pada menit-menit pertama saya sudah terhibur dengan kecerdasan dan kekompakan 8 ekor anjing jenis  Siberian Huskey ini.

Selanjutnya, tanpa terasa kita akan larut dengan cerita heroik para anjing penarik kereta ini. Nyaris beberapa menit kita tidak menemukan dialog, karena yang ada hanyalah suara anjing. Ekspresi dingin mereka dengan sesamanya. Namun, keheningan itu pula yang membuat film kian menarik.

Film ini cukup recommended untuk ditonton bersama keluarga. Cerita pertualangannya syarat makna, sekaligus mampu menyadarkan kembali sisi humanis kita sebagai manusia.


2 comments:

  1. Wah, rekomendasi film yang bagus. Danke Pak Cik, lagi nyari-nyari film juga nih, untuk menambah inspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ade. semoga cerita pertualangan beruang bisa difilmkan juga :D

      Delete

Powered by Blogger.