Layanan Purna Jual Nissan, Satu Konsep Layanan untuk Semua Permasalahan Mobil Anda

02:38:00
Dealer  Resmi Nissan di Aceh


Persaingan industri mobil saat ini sangat kompetitif. Produsen mobil harus terus berinovasi agar tetap eksis di pasar otomotif. Mungkin ini pula yang menjadi alasan, mengapa slogan Nissan adalah Innovation That Excites. Saya sendiri sangat tertarik dengan inovasi Nissan. Mobil-mobil pabrikan Jepang ini selalu elegan. Rasanya ada kebanggaan tersendiri jika di jalan raya kita mengendarai Nissan. Seperti di Aceh, peminat mobil Nissan tergolong tinggi. Sebab sering saya lihat mobil Nissan melintas di jalan-jalan.
Di sisi lain, Nissan juga memahami bahwa kunci lain untuk sukses di industri otomotif adalah, membangun hubungan yang baik dengan konsumennya. Interaksi dengan konsumen tidak cukup hanya saat transaksi saja, tapi harus  berkelanjutan.

Untuk itu, Nissan perlu melakukan kerja-kerja professional untuk membangun relasi yang baik ini. Maka Nissan pun mencoba untuk meyajikan konsep layanan after sales service-nya dengan nama LAYANAN PURNA JUAL. Konsep layanan ini dirancang dengan terlebih dahulu mengidentifikasi masalah yang kerap menghampiri pengguna mobil saat ini.

Tampaknya Nissan ingin LAYANAN PURNA JUAL ini benar-benar optimal, yaitu mampu menjawab semua permasalahan dari konsumennya. Kata “Purna” pada layanan ini, sebenarnya sudah cukup menjelaskan betapa totalitasnya Nissan  dalam melayani. Sehingga hubungan antara Nissan dan konsumen tak sekadar hubungan transaksional, tapi hubungan harmonis yang terjalin karena kedekatan secara emosional.
Sebuah Keluarga Membeli Mobil Nissan di Dealer Resmi Nissan di Aceh

Sebagai orang yang masih awam dengan dunia otomotif, saya pun coba memahami seperti apa LAYANAN PURNA JUAL Nissan ini. Bagaimana cara produsen mobil ini menautkan hati konsumennya dengan prinsip pelayanannya yang prima? Pertanyaan ini sangat menggoda saya. Sebab di tengah ketatnya persaingan industri otomotif, Nissan tetap menjadi pilihan utama banyak orang.

 Lantas, apa saja LAYANAN PURNA JUAL Nissan itu?

Pertama, Nissan Datsun Body and Paint. 



Permasalahan klasik dari pengguna mobil saat ini adalah body yang lecet. Penyebabnya pun terkadang karena hal-hal sepele, seperti tergores, benturan saat salah parkir dan sebagainya. Hal-hal seperti ini membuat kita sangat tak nyaman. Apalagi kalau sampai body ringsek karena kecelakaan.

Maka Nissan coba menjawab permasalahan tersebut melalui layanan Nissan Datsun Body and Paint. Fasilitas layanan ini telah memenuhi standard global. Nissan juga berani memberikan garansi selama 6 bulan setelah tanggal perbaikan, khususnya pada hasil pengecatan.

Kedua, Maintenance Cost. 





Setiap kenyamanan tentu ada harganya. Begitu pula jika kita ingin perjalanan yang nyaman dengan mobil sendiri. Maka kita perlu menyediakan biaya sendiri untuk perawatannya. Maka melalui layanan Maintenance Cost, Nissan coba menawarkan kemudahan bagi konsumennya dalam hal perawatan, yaitu dengan menggratiskan biaya jasa berkala. Dengan syarat, sampai pada 50.000 KM atau 4 tahun penggunaan. Tergantung poin mana yang tercapai terlebih dahulu. Layanan ini pun berlaku di bengkel resmi Nissan di seluruh Indonesia.

Ketiga, Mobile Service. 




Nah, hal lain yang sering menjadi kendala pengguna mobil adalah tidak punya cukup waktu untuk membawa mobilnya ke bengkel resmi. Padahal, hal ini penting untuk menjamin kualitas perbaikan.
Permasalahan ini pun dijawab Nissan melalui layanan Mobile Service

Para teknisi Nissan yang telah terlatih siap memberikan layanan untuk permasalahan mobil kita di manapun kita berada. Caranya pun cukup sederhana, yaitu dengan menghubungi NICOLE 14023 atau dealer yang menyediakan layanan Nissan Datsun Mobile Service.

Selain bisa menghemat waktu, keunggulan lain layanan Mobile Service ini adalah tidak adanya biaya tambahan. Peralatan khususnya juga setara di bengkel resmi. Semua ini diberikan Nissan demi memberikan kualitas pelayanan yang setara di bengkel resmi.

Keempat, 1 X 24 Hours Parts Availability Guarantee. 



Keterbatasan suku cadang adalah salah satu hal yang sering kali menjadi pertimbangan orang untuk membeli kendaraan. Maka Nissan berupaya menjawab permasalahan tersebut dengan layanan after sales service-nya yang bernama 1 X 24 Hours Parts Availability Guarantee.

Ada 500 suku cadang yang masuk dalam layanan ini. Selain itu, layanan ini juga memberikan jaminan kepada konsumen Nissan untuk mendapatkan suku cadang yang asli dari Nissan. Bahkan Nissan berani menjamin ketersediaan suku cadang ini paling lambat keesokan harinya (hari kerja). Jika tidak, maka Nissan akan memberikannya secara gratis.

Kelima, Fasilitas Service Appointment. 



Kita semua mungkin sepakat, bahwa hal yang paling membosankan dalam hidup ini adalah menunggu. Hal inilah yang sering membuat orang malas membawa mobilnya ke bengkel resmi, belum lagi waktu antrian yang tak pasti.

Oleh sebab itu, Nissan memberikan satu lagi konsep layanannya yang menarik yaitu Fasilitas Service Appointment. Fasilitas ini memudahkan kita untuk melakukan service secara berkala di jaringan bengkel resmi Nissan, dengan perjanjian waktu yang sudah dipastikan sebelumnya.

Nah, melalui layanan Fasilitas Service Appointment ini, maka kita tidak perlu lagi mengantri di bengkel resmi. Begitu sampai di bengkel resmi Nissan, mobil kita langsung dikerjakan oleh teknisi dengan fasilitas ataupun suku cadang yang telah mereka siapkan. 

Keenam, Fast Moving Spare Part Price.



Suku cadang fast moving adalah kebutuhan yang tak terelakkan bagi pengguna mobil. Jika memang sudah waktunya diganti, maka mau tidak mau kita pun harus membeli suku cadang ini. Karena suku cadang tersebut adalah kebutuhan. Maka melalui layanan Fast Moving Spare Part Price, Nissan mencoba untuk memberikan kemudahan bagi konsumennya agar mendapatkan suku cadang fast moving ini, dengan harga yang lebih terjangkau. Dan yang paling penting, kualitasnya terjamin.

Ketujuh, Genuine Key Value. 



Membeli suku cadang non genuine adalah tindakan yang cukup beresiko bagi kelangsungan mobil kita. Tapi terkadang, karena alasan ingin berhemat pilihan seperti itu sering kita tempuh juga. Sebab harganya lebih murah meskipun dengan konsekuensi kualitas yang rendah.

Sebagai sebuah perusahaan yang peduli dengan konsumennya, Nissan tidak ingin konsumennya menempuh cara yang beresiko seperti itu. Maka melalui layanan Genuine Key Value, Nissan menawarkan suku cadang alternatif dengan harga yang lebih terjangkau.

Suku cadang ini resmi dari Nissan, dengan harga 30% lebih murah dibanding Nissan Genuine Part. Sementara untuk kualitasnya, telah teruji karena sudah lulus Nissan Aftersales Design Standard (NADS) yang diuji langsung oleh Nissan Motor Limited (NML). Sehingga Nissan Genuine Key Value ini memiliki ketahanan 80% dengan fungsi 100%. Jadi, meskipun harganya murah namun kita tetap mendapatkan suku cadang yang terjamin kualitasnya.

Kedelapan, Waranty Nissan Genuine Parts. 



Tampaknya Nissan benar-benar memperhatikan kualitas suku cadangnya. Produk yang berkualitas memang bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat.  Waranty Nissan Genuine Parts adalah after sales service dari Nissan yang bertujuan untuk memberikan jaminan kepada konsumennya, untuk mendapatkan suku cadang yang asli.

Melalui layanan ini, jika terjadi kerusakan atas suku cadang asli Nissan, maka Nissan pun tanpa ragu akan memberikan jaminan penggantian suku cadang asli. Semuanya diberikan gratis, tanpa beban biaya penggantian atau jasa perbaikan. Namun dengan ketentuan, untuk jangka waktu 12 bulan atau 20.000 KM (yang mana tercapai terlebih dahulu) yang terhitung dari tanggal penggantian/pemasangan suku cadang di bengkel resmi Nissan.

8 Layanan Purna Jual Nissan

Inilah 8 LAYANAN PURNA JUAL Nissan, yang merupakan jawaban dari setiap permasalahan pengguna mobil saat ini. Sebuah konsep Layanan yang disusun Nissan sedemikian rupa, berdasarkan hasil identifikasi terhadap permasalahan  konsumennya.

Saya yakin, jika komitmen ini dijalankan secara konsisten, maka loyalitas konsumen terhadap Nissan akan meningkat, seiring dengan kepercayaan mereka terhadap kualitas pelayanan. Dan secara tak langsung, repeat order yang diraih Nissan juga bisa terus bertambah.


 *Tulisan ini diikutsertakan dalam UEFA Champions League Nissan Blog Competition


6 comments:

Powered by Blogger.