Liburan Murah Meriah di Taman Balekambang, Solo

07:51:00
source:kota.surakarta.go.id

Tidak hanya memiliki Keraton Surakarta dan  Mangkunegaran yang megah. Kota Solo juga memiliki tempat wisata lainnya yang menarik. Salah satunya adalah Taman Balekambang. Destinasi pilihan yang murah meriah di Kota Batik.

Taman Balekembang terletak di Jl. Balekambang No.1, Manahan, Solo. Setiap harinya ada ribuan wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Solo ini. Tidak hanya warga sekitar, tapi juga rombongan turis dari dalam dan luar negeri sangat tertarik untuk menikmati cantiknya taman ini.

Peninggalan Sri Paduka Mangkunegoro VII
Taman ini dulunya adalah milik Kerajaan Mangkunegaran Solo, tepatnya peninggalan Sri Paduka Mangkunegaran VII. Bentuknya berupa hutan kota dengan sebuah kolam yang ada di tengahnya, yang menjadi atraksi menarik bagi wisatawan.

Dulunya tidak semua orang bisa masuk ke tempat ini. Baru pada tahun 2008 Taman Balekambang dibuka untuk umum oleh Pemerintah Solo, dan menjadi taman hiburan rakyat.

source:image.detik.com

Murah Meriah
Liburan bersama keluarga di taman ini bisa menjadi alternatif kala tanggal tua tiba. Masuk ke Taman Balekambang tidak dipungut biaya, alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar jika menaiki sepeda air di kolam yang ada di tengah taman.
Selebihnya, fasilitas taman diberikan secara gratis oleh Pemerintah Kota Solo. Dan semua orang bisa menikmatinya tanpa kecuali.

Pepohonan yang Rindang
Dengan status sebagai hutan kota, pepohonan di Taman Balekambang sangat rimbun dan asri. Membuat tempat ini cocok jadi lokasi piknik bersama keluarga, dengan cukup duduk-duduk di bawah pohon yang membuat udara sejuk.

Taman Reptil
Di sisi barat Taman Balekambang terdapat Taman Reptil yang berisi berbagai hewan melata. Pengunjung bisa melihatnya dan menjadikannya ajang pembelajaran buat anak-anak dan juga orang dewasa.

Selain itu juga terdapat beberapa hewan seperti rusa dan beberapa binatang peliharaan lainnya di Taman Balekambang. Pasti membuat anak-anak betah bermain di sana.

source:joglosemar.co

Fasilitas Outbond
Di sisi Timur, terdapat wahana outbond yang berisi permainan memanjat, main tali dan juga flying fox. Tidak hanya orang dewasa yang bisa menikmatinya, tapi juga anak-anak yang sudah disediakan tempat tersendiri untuk melakukan outbond.

Lokasi Prewedding
Karena tempatnya yang cantik, tak sedikit pasangan calon pengantin yang melakukan sesi prewedding di Taman Balekambang. Setiap hari hampir selalu ada pasangan yang melakukan pemotretan disana, dan memang diperbolehkan oleh Pemerintah Kota Solo.


Koneksi WiFi Gratis
Sejak beberapa tahu lalu, Pemerintah Kota Solo sudah mendirikan dua tower pemancar internet untuk kawasan Taman Balekambang. Koneksi WiFi pun disediakan secara gratis untuk semua pengunjung di sana.
Tidak heran kalau kemudian ada banyak anak muda yang ramai berkumpul di sini untuk mengerjakan tugas atau sekedar berselancar di dunia maya. Karena koneksi internetnya dikenal stabil dan tak pernah putus.

Bakdan Ing Balekambang

source:jateng.tribunnews.com

Ketika Lebaran Idul Fitri tiba, Taman Balekambang berubah wajah. Ada banyak penjual dan beragam pertunjukan seru disana, yang diberi tajuk Bakdan ing Balekambang oleh Pemkot Solo.

Khusus untuk acara ini, pihak Pemkot Solo menerapkan tiket masuk. Biasanya acara berlangsung selama sepekan, mulai hari pertama Lebaran sampai tujuh hari sesudahnya. Selain menikmati berbagai macam makanan lezat khas Solo, pengunjung juga tetap bisa menikmati semua wahana wisata yang ada di dalam Taman Balekambang dengan nyaman.

Dengan semua fasilitas yang ada di sana, tempat ini pun sudah mulai dikenal oleh wisatawan asing yang menyebutnya sebagai Balekambang Park.

Liburan ke Solo, main ke Taman Balekambang yuk…


No comments:

Powered by Blogger.