Melihat Kemegahan Masjid Agung At Taqwa Kutacane


Setelah menempuh perjalanan yang panjang dari Gayo Lues, akhirnya saya tiba di Kutacane menjelang sore. Dari kejauhan Kubah Masjid Agung At Taqwa sudah terlihat. Ketika mobil semakin masuk ke kota, saya pun kian takjub karena melihat secara utuh kemegahan Masjid Kebanggaan warga Kutacane ini.

Biasanya saya hanya melihat masjid ini di kalender ataupun internet. Saya ingat pertama kali melihat tampilan interior masjid ini ketika ustad Abdul Somad berdakwah ke Kutacane. Saya menyaksikan videonya di-Youtube.


Saat itulah saya bertekad, semoga suatu saat bisa menginjakkan kaki di masjid Aceh Tenggara ini.
Setibanya di hotel pikiran saya terus terbayang-bayang dengan masjid ini. Beruntungnya, saat itu saya mendapatkan hotel yang dekat dengan masjid ini. Jaraknya tak lebih 200 meter.

Maka setelah tiba di hotel, saya pun bergegas menuju Masjid At Taqwa. Magrib masih sekitar 45 menit lagi. Saya sempatkan waktu itu untuk mengeksplore lingkungan masjid ini terlebih dahulu.


Masjid ini letaknya sangat strategis yaitu di pusat kota. Posisinya berada di lingkungan markas TNI. Sementara tepat di depannya adalah tempat wisata masyarakat yang tak ubahnya alun-alun kota. Banyak pedagang menjajakan makanan dan permainan anak di sini.

Saat saya tiba terlihat dua orang petugas keamanan di masjid duduk di gerbang masjid. Mereka mengawasi pengunjung yang masuk. Anak-anak kecil berseragam biru berkeliaran di sekitarnya. Mereka hendak pergi mengaji.



Ketika saya melangkah kaki masuk ke dalam lingkungan masjidnya, saya pun langsung disergap perasaan takjub kemegahan masjid ini. Bangunannya terlihat gagah dan menjulang tinggi. Dindingnya berwarna hitam dengan kombinasi putih. Tiga kubahnya berwarna emas dengan dipagari tiga menaranya yang menjulang tinggi. Sepintas artsitektur masjid ini mirip sekali masjid-masjid yang ada di Timur Tengah.


Laman masjid ini lumayan luas.  Sebagaiannya ditumbuhi rumput hijau. Tempat wudhunya berada di sisi kiri dengan desainnya yang modern. Sementara di sisi kanan terlihat air pancur yang kian mempercantik masjid ini.



Saya pun kian penasaran dengan interiornya. Karena masjid ini tidak memiliki lantai dua, maka kesan luas dan mewah benar-benar terasa ketika kita masuk ke dalamnya. Dua kaligrafi besar berlafadzkan Allah dan Muhammad melekat di dinding.

Dindingnya berlapis kaligrafi yang eksotis. Berpadu dengan ornamen yang berwarna keemasan. Masjid Agung At Taqwa ini berdiri di atas tanah seluas 14.118 meter dengan luas bangunannya 2.675 m, sehingga mampu menampung sekitar 4000 jamaah.  Masjid ini diresmikan tepat hari Jumat 8 April 2016 oleh Ketua DPR RI.



Kabarnya, masjid ini dirancang untuk tahan selama 300 tahun dan mampu bertahan dari gempa dengan kekuatan 9,0 skala richter. Hm, sebuah rancangan yang cukup futuristik, pikir saya.


Saya pun merasa bersyukur karena hari itu berkesempatan untuk menunaikan salat di sini. Ada banyak doa yang saya munjatkan, salah satunya adalah semoga bisa kembali bersujud di masjid ini. Mudah-mudahan, Aamiin.


10 comments:

  1. Masjidnya begitu megah
    semoga bisa terus penuh dengan yang ibadah

    ReplyDelete
  2. foto pas malam hari aduh megahnya ini mesjid, indah

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Masjid udah cantek eh dirimu malah minggat Yani :))

      Delete
  4. Keren masjidnya. Semoga ada kesempatan sholat di sana.

    ReplyDelete
  5. Masya allah, cakeeep bangettttt mesjidnya. :) . Dari luar, bagus, dalamnya megah. Diliat siang ato malam, ttp aja cantik yaaa.. Aku hrs dtg ini ke kutacane..

    ReplyDelete