Selalu Ada yang Istimewa dalam Perjalanan Jakarta – Bandung dengan Kereta


Setiap orang punya caranya sendiri dalam menikmati sebuah perjalanan. Pilihan cara inilah yang membuat sebuah perjalanan menjadi berkesan. Ada cerita yang ingin selalu disimpan. Ada kenangan yang membuat kita bahagia bila mengingatnya.

Perjalanan dari Jakarta menuju Bandung adalah contoh sederhana, bagaimana dalam perjalanan yang sama setiap orang memilih caranya yang berbeda. Setiap harinya berbagai moda tranportasi yang menghubungkan dua kota ini selalu ramai penggunanya.


Dalam ragam pilihan moda transportasi itulah, kita harus menentukan pilihan. Dengan cara apa kita membuat perjalanan dari Jakarta menuju Bandung, menjadi berkesan. Meskipun perjalanan itu adalah rutinitas, tapi kita tetap tidak merasa bosan. Sebab kita telah menemukan cara yang paling ampuh untuk menghangatkan hati.

Maka, ketika tempo hari saya mengajak istri untuk jalan-jalan ke Bandung via Jakarta. Saya pun sudah mantap dengan pilihan moda transportasi yang akan kami tumpangi. Ya, pilihan itu jatuh pada kereta.

Ada banyak alasan mengapa saya mantap dengan pilihan untuk naik kereta.  Mulai dari bebas macat, on time, serta jauh lebih aman. Namun di balik semua itu, ada hal lain yang membuat perjalan dengan kereta terasa lebih istimewa, yaitu sensasi saat kita duduk dalam gerbongnya. Melihat rutinitas penumpang dan petugas kereta.


Perasaan yang sulit dijelaskan ini, tak akan saya temukan jika pergi ke Bandung naik travel.
Saat saya ceritakan hal-hal menarik lainnya seputar naik kereta dari Bandung ke Jakarta kepada istri. Dari sorot matanya terkiaskan rasa penasaran. Istri memang belum pernah naik kereta. Maka baginya cerita tersebut membuat dia kian antusias untuk mencobanya.

Jauh hari, kami pun mulai Cari Tiket Kereta yang sesuai dengan tanggal keberangkatan. Saya sengaja menunjukkan kepada istri bagaimana cara memesan tiket kereta secara online. Saya ingin ia terlibat secara emosional sejak awal dalam perjalanan ini.

Memang tak bisa dipungkiri, bahwa merencanakan sebuah perjalanan bersama orang terkasih itu sungguh menyenangkan. Perjalanan yang tampaknya sederhana saja bisa terasa istimewa. :D
Setelah membandingkan beberapa pilihan yang berdasarkan Nama Kereta, jadwal keberangkatan serta kelasnya. Maka kami pun mulai memilih Harga TiketKereta ke Bandung yang tarifnya paling ekonomis.

Kami memilih kereta Argo Prahayangan untuk kelas ekonomi. Saya katakan pada istri, meskipun kereta kita nanti hanya kelas ekonomi, namun percayalah bahwa pelayanan dan suasana keretanya sudah sangat baik.

Hari yang dinanti itupun tiba, pukul setengah 6 pagi kami telah tiba di stasiun. Kereta akan berangkat pukul 5 pagi. Saya genggam erat tangan istri saat ia masuk ke gerbong kereta.

Tepat pukul 05.05 WIB terdengar suara pluit yang menjerit. Sebuah pertanda kereta akan segera berangkat. Kereta perlahan terus melaju dengan kencang. Dari balik jendela terlihat langit masih gelap.



Lalu semakin lama gulita mulai lenyap, hingga yang terlihat jelas indahnya pemandangan sepanjang jalur kereta ini. hal yang paling saya suka adalah saat kereta melewati areal pesawahan. Saat kabut masih menyelimuti pucuk-pucuk padi yang masih hijau. Suasana yang sangat menenangkan.

Sepintas, saya perhatikan istri yang hanya terdiam sepanjang perjalanan. Entah apa yang dipikirkannya? Saya merangkul tubuhnya. Mencoba untuk meresapi perasaan yang tersembunyi dalam hatinya.

Saya sudah berulang kali melakukan perjalan Jakarta – Bandung dengan kereta. Dan setiap perjalanan selalu ada yang istimewa. Sebuah perasaan bahagia yang menenangkan.


Dan  Subuh itu, untuk kesekian kalinya saya menemukan perasaan istimewa itu. Tak ubahnya gerbong kereta, segenggam perasaan bahagia melaju deras dalam tubuh saya. 

No comments:

Post a Comment